KERAJINAN TANGAN DARI BAHAN KETAQ DI PRODUKSI DI DUSUN NIRBAYE DESA SARIBAYE

  • Sep 22, 2023
  • admin desa saribaye

Selasa, 19 September 2023, mahasiswi yang melakukan PKL di desa saribaye mengunjungi salah satu rumah warga yang memiliki usaha kerjaninan tangan, kerajinan yang dibuat yaitu burupa box penyimpanan. Box yang anyam ini memeiliki beberapa ukuran yaitu ukuran 10cm, 15cm, hingga 20cm.

 

Ibu “Marini” salah satu warga di dusun Nirbaye desa Saribaye yang memiliki aktifitas membuat box dari bahan dasar KETAQ. Beliau tinggal bersama 2 anaknya dan memilih untuk menghaiskan waktu nya dengan membuat kerajinan tangan semata-mata untuk membayarkan sekolah kedua anaknya dan juga untuk biaya melangsungkan hidup keluarganya.

 

Kerajinan tangan yang dibuat dari bahan bahan dasar KETAQ ini di anyam setiap hari, 1 box yang berukuran 10cm membutuhkan waktu hingga 2 hari pembuatan, pembuatan kerajinan ini tergantung pada pesanan warga setempat, kadang ada yang memesan ukuran 20cm itu memerlukna waktu pembuatan selama 4-5 hari, jika tidak ada yang memesan ibu Marini hanya membuat kerjinan yang berukuran 10cm dan menyerahkannya kepada pengepul, Ujar ibu Marini.

 

Satu box yang berukuran 10cm dihargai dengan 25.000 jika diserahkan kepada pengepul untuk dijual kembali, jika dijual langsung kepada warga biasanya ibu Marini menjual dengan harga 50.000, beda lagi jika ada seorang Turism yang berkunjung ibu marini biasanya menjual produknya itu dengan harga yang lebih mahal, dan jika beliau memproduksi yang berukuran 20cm jika ada yang memesan biasanya beliau menjual dengan harga 100.000.

 

Lingsar, Saribaye/FDIK/PKL/Ida Lestari/Mahfuzatul Aini.