DESA SARIBAYE MENJADI SALAH SATU DESA DENGAN SUMBER PENGHASILAN SAMPINGAN BUDIDAYA IKAN

  • Sep 20, 2023
  • admin desa saribaye

Senin, 18 september 2023. 2 mahasiswi yang sedang malaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di desa Saribaye mengunjungi salah satu rumah warga setempat yang memiliki usaha budidaya ikan, ikan yang di pelihara cukup beragam, ada ikan nila, ikan lele dan juga ikan bawal.

 

Budidaya ikan menjadi salah satu usaha sampingan beberapa warga di desa Saribaye, memelihari ikan membutuhkan waktu 2-5 bulan, waktu panen 2 bulan ikan berukuran standar tetapi jika pemelihara ingin panen dengan ukuran yang lebih besar pemelihara bisa mempertahankannya dengan usai panen sampai 5 bulan tergantung kepada kebutuhan masyarakat setempat ujar ibu Rosilah Handayani salah satu warga yang memiliki usaha budidaya ikan.

 

Pembudidayaan ikan yang di lakukan oleh sebagian besar masyarakat di desa Saribaye ini sangat bermanfaat untuk masyarakat setempat, karena tidak perlu jauh-jauh untuk mengkonsumsi ikan segar bisa di dapatkan dengan mudah dan dekat, ikan yang di panen selain dipasarkan di masyarakat setempat biasanya juga dipasarkan di pengepul dan juga pemilik usaha kuliner.

 

Ikan yang banyak di pelihara yaitu ikan nila, karena ikan nila selain pertumbuhannya yang cepat, ikan nila menjadi salah satu permintaan tertinggi pasar, dan juga ikan nila tidak gampang terserang penyakit seperti ikan-ikan air tawar lainnya sehingga ikan nila ketika di panen memiliki hasil yang menjanjikan.

 

Lingsar, Saribaye/FDIK/PKL/Ida Lestari/ Mahfuzatul Aini.